TELKOM AKSES PEKALONGAN

Jl. Pemuda No.45, Kergon, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51119
BLOG INI HANYA UNTUK PEMENUHAN TUGAS KULIAH DI UNIVERSITAS PEKALONGAN

Selasa, 22 Mei 2018

Budaya Tradisional di Kalangan Mahasiswa Jaman NOW

Menurut kalian budaya tradisional di kalangan mahasiswa jaman NOW gimana sih???
pasti kalian sebagai mahasiswa juga pernah berfikir karena kemajuan teknologi nasib budaya tradisional yang beragam di miliki Indonesia semakin kesini semakin luntur.. Saya terinspirasi menulis artikel tentang budaya tradisional karena

saya suka sekali dengan budaya tradisonal juga saya ingat kedua teman saya yang sampai saat ini masih mau melestarikan budaya tradisional...

Yang pertama nih YAP kondisi saat ini tentang kepedulian mahasiswa terhadap budaya nusantara yang beragam di Indonesia menurut saya masih kurang. Contoh kecil saat diadakan kepelatihan seni tari tradisional, tidak banyak mahasiswa yg mengikutinya. Dengan alasan tidak bisa menari. Padahal kegiatan itu menampung mahasiswa yang minat, bukan hanya untuk mahasiswa yang berbakat. Tetapi dilihat dari peserta kegiatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan mahasiswa kurang berminat untuk melestarikan kebudayaan khususnya dalam bidang tari tradisional. Justru kebanyakan dari mereka menginkan pelatihan dance atau tari modern yang berasal dari negara barat. Apalagi dengan laki-laki banyak yang gak suka dengan tari dianggap itu khusus perempuan. 
Tapi sebagaian kecil mahasiswa belum lupa tentang penting nya pelestarian budaya nusantara. Mahasiswa justru sedang banyak berpikir kritis sehingga seringkali mengeluarkan ide gagasan yg berhubungan dengan budaya nusantara.

Kedua gimana sih caranya biar buat menarik kalangan mahasiswa, untuk ikut melestarikan budaya juga ikut bangga dengan punya banyak budaya tradisional yg beragam di Indonesia, Saat ini, untuk membuat mahasiswa merasa tertarik dengan budaya tradisional masih dibilang sangat sulit. Karena semakin banyaknya budaya asing yang masuk. Dan dianggap sebagai budaya kekinian. Sedangkan budaya tradisional dianggap terbelakang atau KUNO BANGET. Mungkin perlu diadakan sosialisasi mengenai kebudayaan Indonesia sendiri. Supaya mahasiswa menyadari bahwa begitu banyak budaya tradisional yang sangat membutuhkan generasi bangsa untuk melestarikannya.

Helooo penting gak sih buat mahasiswa??? pentingnya untuk mahasiswa dalam menjaga kelestarian budaya daerah, Menjaga kelestarian budaya sangat penting bagi Mahasiswa. Terlebih apabila mahasiswa tersebut sedang melakukan study di luar negeri. Kita sebagai mahasiswa harus dengan bangga memperkenalkan budaya kita di negara orang. Supaya mereka merasa Indonesia sangat luar biasa karana memiliki banyak budaya tradisional yang beragam pula.


Melestarikan budaya tradisional hanya tugas MAHASISWA, NO salah besar. Setiap warga negara memiliki kewajiban dan tanggung jawab dalam melestarikan budaya tradisional. Seluruh kalangan, terutama kaum muda,mulai dari kecil harus sudah diberi kesadaran. Karena budaya tradisional merupakan sejarah kita. Apabila kita tidak melestarikab budaya, sama saja kita tidak peduli dengan sejarah kita sendiri. Dan pelestarian budaya ditujukan supaya budaya asli Indonesia tidak di claim oleh negara lain. Sesungguh budaya Indonesia sangat beragam dan dapat dijadikan keindahan dan keistimewaan apabila dapat diolah dengan baik.


Foto-foto di atas adalah teman saya dulu waktu nari di  Purwokerto. Sekarangkuliah di MMTC dan UMY mereka tetap nari bareng di event-event di Jogja. Dibawah foto-foto saya nari dengan mereka di event perlombaan atau event kebudayaan.








Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Author

About Me
Nama saya Akhmad Yulianto, untuk profil lebih lengkap saya klik disini →
Diberdayakan oleh Blogger.

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Peta

Labels

About